1. Dalarn proses belajar dan pembelajaran biasanya siswa banyak mengalami kendala- kendala seperti siswa segan dalam belajar karna tidak menge- tahui apa kegunaan dari mata pelajaran yang diajarkan oleh seorang pengajar.
Dibawah ini hal yang mempengaruhi siswa dalam proses belajar mengajar adalah
- Siswa mampu memahami karakteristik seorang guru
- Kurangnya motivasi dalam belajar serta kurangnya informasi
- Memiliki keinginan yang kuat dalam belajar
- Memahami mataeri yang diberikan guru
- Menyukai mata, pelajaran yang diajarkan seorang guru
2. Motivasi dalam belajar adalah kunci keberhasilan seorang siswa dalam memahami mata pelajaran yang diberikan oleh guru. Motivasi tersebut dapat digolongkan menjadi 3,yaitu: motivasi rendah, sedang ,dan tinggi. Bagaimana agar motivasi belajar siswa menjadi tinggi....
- Memberikan tugas terus menerus
- Memberikan pelajaran yang berlebihan
- Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengekspresikan dirinya dalam belajar
- Memberikan kenyamanan dalam proses pembelajaran
- Melakukan perubahan kondisi ekstern pada siswa
3. Seorang siswa dapat belajar dengan baik karena didorong oleh sektor kekuatan dalam dirinya,yaitu berupa mental yang kuat. Kekutan mental itu dapat berupa keinginan, perhatian, kemauan atua cita-cita. hal- hal tersebut dapat menciptakan sesuatu yang dapat mengubah cara belajar seorang siswa yaitu
- Keinginan
- Motivasi dalam bermain
- Kemauan dalam berorganisasi
- Dapat memberikan motivasi dalam belajar
- Memberi perhatian pada siswa
4. Dibawah ini merukan unsu-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar,kecuali...
a. cita-cita atau aspirasi siswa
b. kemampuan siswa
c. kondisi siswa
d. kondisi lingkungan siswa
e. malas belajar
5. Seorang siswa apabila tidak memiliki keseimbangan antara apa yang dimiliki danyang diharapkan misalnya seorang siswa merasa bahwa hasil belajarnya rendah, padahal dia memiliki cukup buku sebagai bahan untuk belajar .Dibawah ini yang dapat mempengaruhi proses belajar adalah ...
a.Terlalu dipaksakan
b.Kurangnya dalam pengaturan waktu
c.Kurang mampu mengatur waktu-waktu dalam belajar
d.Selalu menganggap sulit suatu pelajaran
e.Kurangnya minat dalam belajar
6. 1. Menyelenggarakan tertip belajar di sekolah
2. Membina disiplin belajar dalam setiap kesempatan
3. Membina belajar tertib pergaulan
4. Mengatur waktubelajar
5. Menjaga kebersihan kelas
Dari kelima poin tersebut yang manakah upaya pembelajaran di sekolah….
a. 2, 4, dan 5
b. 1, 3, dan 5
c. 1, 2, dan 3
d. 2, ,3 dan 4
e. benar semua
7. Segi kejiwaan yang mengalami pekembangan, artinya terpengaruh oleh kondisi fisiologis dan kematangan fesilogis sisiwa,hal tersebut merupakan pengertian dari…..
a. motivasi belajar
b. motivasi guru
c. motivasi siswa
d. motivasi orang tua
e. motivasi orang lain
8. Seorang pendidik profesional ia bergaul setiap hari dengan puluhan atau ratusan siswa, siapakan yang dimaksud dari penjelasan tersebut…
a. guru
b. siswa
c. orang tua
d. teman kita
e. paman kita
9. Siswa memiliki perasaan, perhatian, kemauan, ingatan dan pikiran yang menga-lami perubahan berkat pengalaman hidup. Hal tersebut merupakan pengertian dari…
a. unsur-unsur yang mempengaruhi motipasi belajar
b. unsur-unsur yang mempengaruhi kegiatan belajar
c. unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran
d. upaya guru membelajarkan siswa
e. kondisi siswa
10.Motivasi belajar dapat kita tingkatkan antara lain dengan meningkatkan cara belajar, berfikir,dan taraf pemahaman. Hal ini sangat penting, agar kita dapat meningkatkanmotivasi belajar maka kita perlu
a. Pentingnya kekuatan diri
b. Pentingnya motivasi dalam belajar
c. Selalu efaluasi dalam belajar
d. Selalu memelihara pentingnya motivasi dalam belajar
e. Lingkungan luar yang kurang baik
Soal esay
1.Apa yang dimaksud dengan motivasi belajar menurut para ahli..?
2.Sebutkan dan jelaskan 3 macam komponen utama dalam motivasi untuk belajar.?
3. Sebutkan unsur-unsur yang mempengaruhi motivasi belajar…?
4. Jelaskan apa fungsi unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran…?
5. Dalam peroses belajar mengajar seorang guru memerlukan upaya yang lebih agar siswa dapat mengerti apa yang di sampaikan nya, sebutkan upaya guru dalam membelajarkan siswa…?
kunci jawaban soal pilihan ganda:
1. b 6. c
2. c 7. a
3. d 8. A
4. e 9. C
5. c 10. D
Kunci jawaban soal esay :
1. Motivasi belajar menurut para ahli adalah terkandung adanya keinginan yang mengaktifkan, menggerakkan, menyalurkan ,dan mengarahkan sikap dan prilaku individu.
2.a. Kebutuhan yaitu individu merasa ada keseimbangan antara apa
yangdimiliki dan apa yang di harapkan
b. Dorongan yaitu kekuatan mental untuk melakukan kegiatan dalam
rangka memenuhi harapan dalam pencapaian tujuan
c. Tujuan yaitu hal yang ingin dicapai oleh seorang individu
3. a. cita-cita atau aspirasi siswa
b. kemampuan siswa
c. kondisi siswa
d. kondisi lingkungan siswa
e. unsur-unsur dinamis dalam belajar dan pembelajaran
f. upaya guru dalam meningkatkan belajar
4. fungsi unsur-unsur dinamis dalam pembelajaran ialah siswa memiliki perasaan, perhatian, kemauan, ingatan. Dan pikiran yang mengalami perubahan berkat pengalaman hidup.
5. 1.Pemahaman tentang diri siswa dalam rangka kewajiban tertib belajar
2.Pemanpaatan penguatan berupa hadiah, keritik, hukuman secara tepat guna, dan
3.Mendidik cinta belajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar